10 Penulis yang Memprediksi Masa Depan di Buku Sain Fiksinya

Penulis buku sain ilmiah tidak diragukan lagi memiliki cara berpikir yang berbeda dengan orang kebanyakan. Mereka selau berpikir diluar jangkauan imajinasi orang lain. Memprediksi masa depan mungkin salah satu kelebihan mereka karena daya nalar yang luar biasa. tidak jarang penulis penulis ini sering disebut peramal oleh orang-orang. Banyak yang prediksinya gagal terjadi tapi beberapa diantaranya akhirnya benar-benar terjadi. Berikut adalah beberapa penulis yang berhasil memprediksi masa depan melalui buku novelnya.

10. Mary Shelley

  • Penulis Buku : Frankenstein (1818)
  • Prediksi : Transpantasi Organ Tubuh



Frankenstein dimana orang sekarang adalah sebuah hasil percobaan terhadap yang mengerikan dimana diceritakan bahwa seorang ilmuan gila mampu menghidupkan manusia yang telah mati. tapi sebernarnya ini adalah sebuah judul buku sain fiksi yang ditulis oleh Mary Shelley. Mary menuliskan tentang prediksinya bahwa translantasi organ tubuh adalah sesuatu yang akan lumrah di masa depan sehingga manusia dapat hidup lebih lama bahkan menghidupkan orang mati. memang soal menghidupkan orang mati ternyata belum terjadi di masa sekarang tapi kita tahu bahwa transplantasi organ tubuh akhirnya memang benar-benar terjadi dan menjadi sebuah hal yang lumrah.


9. Jonathan Swift

  • Penulis Buku : Gulliver’s Travels (1726)
  • Prediksi : Mars Memiliki 2 Bulan.



Swift dikenal para kalangan dengan karya satire dan novel terkenalnya yang berjudul Gulliver's Travel membuatnya lebih terkenal lagi karena prediksinya tentang penemuan di masa depan. Swift munkin bukan orang yang suka menulis tentang sain fiksi tapi satu penggalan kalimat dalam bukunya ia mengatakan bahwa planet mars memiliki dua bulan. tidak ada yang tahu bahwa planet mars memiliki dua bulan pada tahun 1972 lalu. setelah bertahun-tahun berlalu ternyata apa yang dikatan Swift benar ada dan kelak dua bulan mars diberi nama Phobos dan Demos.


8. Douglas Adams

  • Penulis Buku : The hitchhiker’s Guide to the Galaxy (1979)
  • Prediksi : Teknologi translate antar bahasa


credit to theguardian.com

Bisa dikatakan kalau orang ini telah memprediksi banyak hal tentang galaxi kita tapi salah satu yang paling terkenal dalam prediksinya adalah tentang sebuah teknologi bernama "Bable Fish" yang mampu mentranslate semua bahasa di dunia satu sama lainnya. Lalu apakah benar terjadi? ternyata benar, kita tahu semua bahwa sekarang ada applikasi yang mampu menterjemahkan bahasa satu ke bahasa lainnya bahkan Google Translate pun menggunakan software yang sama. Lalu apa yang lebih mengerikan dari prediksi Adams? nama softwarenya yang digunakan sekarang bernama "Bable Fish".


7. John Brunner

  • Penulis Buku : Stand On Zanzibar (1969)
  • Prediksi : Masa depan Amerika dan Dunia


credit to fox2now.com

Dalam bukunya ia tidak saja memprediksi satu hal di masada depan melainkan beberapa hal antara lain, di era 2010 Amerika akan di pimpin oleh presiden bernama "Oboma", Populasi dunia mencapai 7 miliar jiwa dan dikatakan lagi dari efek over populasi dunia itu terjadi meningkatnya sosial stres, ekstrimis dimana-mana dan degredasi sosial orang-orang menjadi selfish. Kemudian ia juga memprediksi tentang mobil listrik dan printer laser.


6. Martin Caidin

  • Penulis Buku : Cyborg (1972)
  • Prediksi : Organ tubuh robotik dan exoskeleton


credit to wikia

Dalam bukunya ia menceritakan tentang seseorang bernama Steve Austin yang mengalami kecelakaan pesawat, si Austin selamat dari kecelakaan itu tapi ia kehilangan beberapa anggota tubuhnya. di pihak lain ada sebuah organisai pemerintah yang melakukan riset tentang robotik dan ia dugunakan percobaan untuk mengganti organ tubuh yang dulu, bukan hanya mengganti tapi juga lebih kuat dari sebelumnya. Nah, kita tahu sekarang bahwa teknologi mechanical exoskeletons menjadi sebuah pilihan bagi mereka yang kurang beruntung tidak memiliki anggota tubuh yang lengkap atau yang lumpuh.


5. William Gibson

  • Penulis Buku : Neuromancer (1984)
  • Prediksi : Internet, "Google Glass"



William Gibson adalah satu dari banyak penulis buku yang memprediksi masa depan yang akhirnya benar-benar terjadi di 20 tahun kemudian. Ia memprediksi tentang bomingnya Internet, dan "google glass".


4. Jules Verne

  • Penulis Buku : From Earth to the Moon (1865)
  • Prediksi : Pendaratan manusia di bulan



Dari judul bukunya saja kita sudah tahu bahwa ia memprediksi tentang pendaratan manusia di Bulan. tapi berbeda dengan penulis sain fiksi lainya yang walaupun berhasil memprediksi tapi dengan data yang kurang akurat tapi tidak dengan si Jules ini. selain memprediksi pendaratan di bulan ia juga memprediksi bahwa kapsul yang digunakan untuk perjalanan ke bulan adala logam aluminium, sebuah logam yang sangat sulit ditemukan di masa itu. selain itu ia juga memprediksi lokasi persis tempat peluncuran kapsul tersebut yang sekarang bernama "Kennedy Space Center" di negara bagian florida, Amerika Serikat.


3. C. Clarke

  • Penulis Buku : 2001: A Space Odyssey (1968)
  • Prediksi : "SIRI", Tablet Komputer


credit to sciencefiction.com

Novel karya Clarke benar-benar sebuah masterpiece, bagaimana tidak? pada tahun 1968 ia bisa memprediksi masa depan dengan akurat dan sangat detail. Beberapa prediksi terkenalnya adalah tentang komputer yang bisa bicara (SIRI) dan Koran Digital (Komputer Tablet). Novelnya juga diturunkan dalam film layar lebar sain fiksi paling sukses dalam sejarah.


2. H. G. Wells

  • Penulis Buku : The World Set Free (1913)
  • Prediksi : Rekasaya genetik, Laser, Perang Dunia II, Bom Atom


credit to telegraph.co.uk

Banyak orang percaya bahwa orang ini memiliki otak "alien". dengan kemampuan "penerawangannya" ia telah banyak memprediksi masa depan dan sebagian besarnya adalah hal-hal mengerikan, walaupun banyak prediksi yang belum terjadi tapi apa yang benar terjadi atas prediksi orang ini mengkin bisa jadi referensi kamu untuk menilai apakah nantinya hal lainnya juga akan terjadi. hal yang sudah terjadi adalah tentang rekayasa genetik, pendaratan di bulan, laser, dan perang dunia II, senjata pemusnah masal (Bom Atom?), teknologi kamuflase. hal yang belum terjadi adalah perang antar plane dan time travel (perjalanan antar ruang dan waktu).


1. Hugo Gernsback

  • Penulis Buku : Ralph 124c 41+ (1911)
  • Prediksi : Video Call, Remot Kontrol, Solar Panel, Pesawat Luar Angkasa



Tidak hanya dalam beberapa buku tapi Bernsback berhasil memprediksi banyak hal dalam satu buku saja. itu sebabnya karnya digunakan banyak acara televisi dan film layar lebar. prediksi yang terbukti akurat adalah Video Call, Remot kontrol, pembangkit listrik tenaga matahari, makanan dan minuman sintetik, voice printing (caset, CD?), tape recorders, dan perjalanan luar angkasa.

Nah bagaimana menurut kamu? apakah orang-orang ini sebenarnya adalah time traveler sehingga bisa memprediksi hal yang bener-benar akan terjadi sebelum
teknologi tersebut ada dimasa itu, hanya Tuhan yang tahu.
Cara Membuat Situs Iklan Baris

Berlangganan: Masukkan e-mail Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari Sosial Power langsung di pesan kotak masuk.

feedburner